Background

Pengertian Dongeng



Ringkasan mengenai dongeng.
Dongeng merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Terkadang kisah dongeng bisa membawa pendengarnya terhanyut ke dalam dunia fantasi, tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yang disampaikan. Kisah dongeng yang sering diangkat menjadi saduran dari kebanyakan sastrawan dan penerbit, lalu dimodifikasi menjadi dongeng modern. Salah satu dongeng yang sampai saat ini masih diminati anak-anak ialah kisah 1001 malam dengan tokohnya bernama Abunawas. Sekarang kisah asli dari dongeng tersebut hanya diambil sebagian-sebagian, kemudian dimodifikasi dan ditambah, bahkan ada yang diganti sehingga melenceng jauh dari kisah dongeng aslinya, kisah aslinya seakan telah ditelan zaman.Sedangkan cerita yang berisi tokoh para hewan disebut dengan fabel.
Menurut pendapat saya dongeng itu adalah suatu kisah jaman dahulu yang diangkat secara fiktif dan kisah nyata , mengandung makna dan cara berintraksi dengan makhluk lainnya atau juga merupakan dunia hayal dan imajinasi dari pemikiran seseorang kemudian dicerikan secara turun menurun. Sering sekali dongen itu dibawakan oleh seorang ibu untuk membacakan dongeng untuk anaknya supaya anaknya tahu makna hidup yang diangkat oleh dongen tersebut.
 
1.Definisi Dongeng

Dongeng adalah cerita sederhana yang tidak benar-benar terjadi, misalnya kejadian-kejadian aneh di jaman dahulu. Dongeng berfungsi menyampaikan ajaran moral dan jugamenghibur.Dongeng termasuk cerita tradisional. Cerita tradisional adalah cerita yangdisampaikan secara turun temurun. Suatu cerita tradisional dapat disebarkan secara luaske berbagai tempat. Kemudian, cerita itu disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.
 
2.Pelaku atau Tokoh Dongeng 

a) Dewa dan dewi, ibu dan saudara tiri yang jahat, raja dan ratu, pangeran dan putri,ahli nujum; 
b) Peri, wanita penyihir, raksasa, orang kerdil, putri duyung, monster, naga;
c) Binatang, misalnya ikan ajaib dan kancil;
d) Kastil, hutan yang memikat, negeri ajaib;
e) Benda ajaib, misalnya lampu ajaib, cincin, permadani, dan cermin.

3.Tema Dongeng
 Biasanya, suatu dongeng mempunyai tema seperti ini.
• Moral tentang kebaikan yang selalu menang melawan kejahatan.
• Kejadian yang terjadi di masa lampau, di suatu tempat yang jauh sekali
• Tugas yang tak mungkin dilaksanakan.
• Mantra ajaib, misalnya mantra untuk mengubah orang menjadi binatang.
• Daya tarik yang timbul melalui kebaikan dan cinta.
• Pertolongan yang diberikan kepada orang baik oleh makhluk dengan kekuatanajaib.
• Keberhasilan anak ketiga atau anak bungsu ketika sang kakak gagal.
• Kecantikan dan keluhuran anak ketiga atau anak bungsu.
• Kecemburuan saudara kandung yang lebih tua.
• Kejahatan ibu tiri.

4.Kalimat Pembuka Dongeng
 Contoh kalimat pembuka:
• Syahdan pada zaman dahulu kala, di negeri antah berantah
• Kata sahibul hikayat
• Pada zaman dahulu kala
• Pada masa silam
• Beribu-ribu tahun yang lalu
• Di suatu negeri yang jauh
 
 5.Struktur Dongeng


  • Pendahuluan

            Pernyataan umum, kalimat pengantar untuk memulai dongeng.

  • Kejadian atau peristiwa dalam dongeng

          Kejadian-kejadian yang disusun secara kronologis.

  • Penutup

          Suatu pernyataan umum.Kalimat yang sering digunakan,
          Misalnya Mereka hidup bahagia selamanya.Komentar umum tentang kebaikan yang dapat  menaklukan kejahatan atau pesanmoral lainnya. 

6.Jenis Dongeng 

  • Dongeng binatang/fabel

Fabel adalah dongeng binatang yang mengandung pendidikan tentang perbuatan baik dan buruk. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia.
Hal tersebut menggambarkan watak dan budi pekeri manusia.Dongeng Kancil dan Buaya,dan Kucing Bersepatu Bot merupakan contoh dongeng binatang. Biasanya, mereka digambarkan sebagai hewan cerdik, licik, dan jenaka.

  •   Dongeng biasa

Dongeng biasa adalah cerita tentang tokoh suka dan duka. Contohnya adalahcerita
 Bawang Merah dan Bawang Putih dan Jaka Tarub.

  • Dongeng lelucon

Dongeng lelucon berisi cerita lucu tetang tokoh tertentu. Contoh dongeng ini yaitu Si Kabayan dari Jawa Barat,Lebai Malang, Pak Pandir, Pak Belalang, Lucai dariMelayu, dan Pan Balangtamak dari Bali.

 
7.Ciri-Ciri Lain Dongeng

• Menggunakan alur sederhana.
• Cerita singkat dan bergerak cepat.
• Karakter tokoh tidak diuraikan secara rinci.
• Ditulis dengan gaya penceritaan secara lisan.
• Terkadang pesan atau tema dituliskan dalam cerita.
• Biasanya, pendahuluan sangat singkat dan langsung

8.Cara Mengawali Menceritakan Dongeng

• Salah satu dongeng favorit saya adalah …
• Saya akan menceritakabn dongeng yang sangat saya sukai …
• Dongeng yang terkenal dari daerah saya (kita) adalah ...
• Dongeng yang saya ingat saat saya masih kecil adalah ...
• Dongeng yang sering diceritakan ibu saya adalah ...Selain itu, kita dapat membuat sendiri awalan menarik lainnya.


 Contoh :
Suatu hari Si Kancil, binatang yang katanya cerdik itu, sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Dia hanya ingin mencari udara segar, melihat matahari yang cerah bersinar. Di dalam hutan terlalu gelap, karena pohon-pohon sangat lebat dan tajuknya menutupi lantai hutan. Dia ingin berjemur di bawah terik matahari. Di situ ada sungai besar yang airnya dalam sekali. Setelah sekian lama berjemur, Si Kancil merasa bahwa ada yang berbunyi di perutnya,..krucuk…krucuk…krucuk. Wah, rupanya perutnya sudah lapar. Dia membayangkan betapa enaknya kalau ada makanan kesukaannya, ketimun. Namun kebun ketimun ada di seberang sungai, bagaimana cara menyeberanginya ya? Dia berfikir sejenak. Tiba-tiba dia meloncat kegirangan, dan berteriak: “Buaya….buaya…. ayo keluar….. Aku punya makanan untukmu…!!” Begitu Kancil berteriak kepada buaya-buaya yang banyak tinggal di sugai yang dalam itu.
Sekali lagi Kancil berteriak, “Buaya…buaya… ayo keluar… mau daging segar nggak?”
Tak lama kemudian, seekor buaya muncul dari dalam air, “Huaahhh… siapa yang teriak-teriak siang-siang begini.. mengganggu tidurku saja.” “Hei Kancil, diam kau.. kalau tidak aku makan nanti kamu.” Kata buaya kedua yang juga muncul.
“Wah…. bagus kalian mau keluar, mana yang lain?” kata Kancil kemudian. “Kalau cuma dua ekor masih sisa banyak nanti makanan ini. Ayo keluar semuaaa…!” Kancil berteriak lagi.
“Ada apa Kancil sebenarnya, ayo cepat katakan,” kata buaya.
“Begini, maaf kalau aku mengganggu tidurmu, tapi aku akan bagi-bagi daging segar buat buaya-buaya di sungai ini,” makanya harus keluar semua.
Mendengar bahwa mereka akan dibagikan daging segar, buaya-buaya itu segera memanggil teman-temannya untuk keluar semua. “Hei, teman-teman semua, mau makan gratis nggak? Ayo kita keluaaaar….!” buaya pemimpin berteriak memberikan komando. Tak berapa lama, bermunculanlah buaya-buaya dari dalam air.
“Nah, sekarang aku harus menghitung dulu ada berapa buaya yang datang, ayo kalian para buaya pada baris berjajar hingga ke tepi sungai di sebelah sana,” “Nanti aku akan menghitung satu persatu.”
Tanpa berpikir panjang, buaya-buaya itu segera mengambil posisi, berbaris berjajar dari tepi sungai satu ke tepi sungai lainnya, sehingga membentuk seperti jembatan.
“Oke, sekarang aku akan mulai menghitung,” kata Kancil yang segera melompat ke punggung buaya pertama, sambil berteriak, “Satu….. dua….. tiga…..” begitu seterusnya sambil terus meloncat dari punggung buaya satu ke buaya lainnya. Hingga akhirnya dia sampai di seberang sungai. Hatinya tertawa, “Mudah sekali ternyata.”
Begitu sampai di seberang sungai, Kancil berkata pada buaya, “Hai buaya bodoh, sebetulnya tidak ada daging segar yang akan aku bagikan. Tidakkah kau lihat bahwa aku tidak membawa sepotong daging pun?” “Sebenarnya aku hanya ingin menyeberang sungai ini, dan aku butuh jembatan untuk lewat. Kalau begitu saya ucapkan terima kasih pada kalian, dan mohon maaf kalau aku mengerjai kalian,” kata Kancil.
“Ha!….huaahh… sialan… Kancil nakal, ternyata kita cuma dibohongi. Aws kamu ya.. kalau ketemu lagi saya makan kamu,” kata buaya-buaya itu geram.
Si Kancil segera berlari menghilang di balik pohon, menuju kebun Pak Tani untuk mencari ketimun.
(SELESAI)



Categories: Share

1 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BANK Terbaru

    BalasHapus